Hemat Bangun Rumah Minimalis

Setelah lama tidak posting artikel karena banyak pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, akhirnya sekarang bisa posting lagi. Dan kali ini kami akan berbagi tips dalam penghematan membangun rumah minimalis.
 Banyak di antara kita menginginkan rumah tinggal yang tidak membutuhan banyak biaya dalam pembangunan, alias ingin bangun rumah tinggal yang murah tetapi tidak berkesan ‘murahan’. Tetapi bisakah itu dilakukan mengingat biaya bahan bangunan dan tenaga tukang sekarang sudah tidak murah lagi?
 Sebagai permulaan berikut ini ada beberapa tips bangun rumah minimalis murah yang mungkin dapat berguna dalam merencanakan dan membangun rumah idaman.
 Cara Bangun Rumah Minimalis Murah Tapi Bagus :
1.      Membangun rumah minimalis dilokasi strategis yang mudah dilalui transportasi material bangunan, membangun rumah di daerah yang jauh dan sulit untuk pendatangan material bangunannya tentu akan dapat menyebabkan kegiatan membangun rumah minimalis menjadi mahal.
2.      Membangun pada waktu yang tepat dapat menghemat biaya bangun rumah minimalis misalnya pada hari raya atau libur nasional terkadang ditemui harga material atau harga tenaga bangunan yang lebih mahal dari harga normal, hal ini tentu dapat menaikkan rencana anggaran biaya bangunan yang disediakan untuk membangun rumah minimalis murah.
3.      Jangan terlalu banyak menggunakan sekat dinding dan lekukan lekukan yang tidak perlu. Hal ini untuk menghemat dinding bata / partisi yang akan dipakai.
4.      Gunakan bahan bangunan hias yang perlu saja (hindari pemakaian batu alam dan mainan-mainan yang dirasa cukup membuat boros). Anda bisa menambahkan mainan dan hiasan ini di kemudian hari, jika budget Anda mencukupi.
5.      Atap bisa tetap menggunakan rangka baja ringan di samping kayu. Hal ini karena biaya rangka baja ringan sekarang bisa lebih murah dari pada kayu. Menggunakan atap pelana lebih murah dari pada atap perisai.
6.      Untuk kusen, gunakan kusen aluminium. Hal ini karena biaya hampir sama bahkan relatif lebih ringan dibanding dengan kusen kayu biasa. kami rasa kusen kayu biasa tidak tahan lama apalagi jika rumah tinggal Anda berada dikawasan anti rayap.
7.      Gunakan cat dan kombinasi warna sehingga cukup menarik, dan terkesan tidak murahan. Cat exterior sebaiknya tetap digunakan, karena menjamin keawetan warna pada dinding luar. Untuk dinding dalam, cukup menggunakan cat interior standart.
8.      Pemilihan keramik, cukup dengan keramik biasa 30×30, atau 40×40 jika budget Anda mencukupi. Pakai pemilihan warna yang sesuai tentunya. Padukan dengan warna dinding.
9.      Pilihlah tukang bangunan atau pemborong profesional yang ahli dibidangnya, hal ini tentu dapat menghemat waktu maupun biaya pembangunan rumah minimalis karena dikerjakan oleh sumber daya manusia yang benar-benar mampu mewujudkan rumah bagus sebagai idaman dan impian keluarga.
 Sekian semoga bermanfaat.